bharada

Resep Bolu Kukus Gula Merah - Praktis Dan Lezat!

Resep Bolu Kukus Gula Merah - Praktis Dan Lezat!
Resep Bolu Kukus Gula Merah - Praktis Dan Lezat!
Resep Bolu Karamel Gula Merah Belajar Masak
Resep Bolu Karamel Gula Merah Belajar Masak from belajarmasak.github.io

Membuat bolu kukus gula merah adalah salah satu cara yang efektif untuk membuat kue yang lezat, manis, dan tentunya mudah dibuat. Resep ini sudah lama dikenal di Indonesia dan sangat populer di kalangan masyarakat. Bolu kukus gula merah memiliki tekstur lembut dan rasa manis yang lezat. Kue ini juga dapat menjadi pilihan yang baik untuk menyenangkan tamu Anda. Dengan mengikuti resep ini, Anda akan mampu membuat bolu kukus gula merah yang lezat dan mudah dibuat.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat bolu kukus gula merah, Anda memerlukan beberapa bahan-bahan berikut ini: 150 gram tepung terigu, 3 sendok teh baking powder, 2 sendok makan gula pasir, 1 sendok teh garam, 1 sendok teh vanili, 50 gram mentega yang sudah dilelehkan, 3 butir telur, 200 ml air hangat, 1 sendok teh gula merah, dan 1 sendok teh minyak. Selain bahan-bahan tersebut, Anda juga perlu menyiapkan alat-alat seperti panci, alat pengukus, dan cetakan kukus.

Langkah-langkah Membuat Bolu Kukus Gula Merah

Berikut adalah beberapa langkah yang harus Anda ikuti untuk membuat bolu kukus gula merah:

1. Campur Bahan Kering

Campur semua bahan kering seperti tepung terigu, baking powder, gula pasir, garam, dan vanili. Aduk bahan-bahan tersebut hingga rata. Setelah itu, masukkan mentega yang sudah dilelehkan dan aduk hingga rata.

2. Kocok Telur dan Air

Kocok telur dan air menggunakan whisk hingga rata. Lalu, tuangkan kocokan telur dan air ke dalam campuran bahan kering yang sudah ada dan aduk hingga rata.

3. Tuang Adonan Kedalam Cetakan Kukus

Tuang adonan ke dalam cetakan kukus yang sudah disiapkan. Jika ingin hasil bolu yang lebih lembut, Anda bisa menambahkan 1 sendok teh minyak. Selanjutnya, tuangkan 1 sendok teh gula merah ke dalam adonan dan aduk hingga merata.

4. Kukus Bolu

Setelah itu, masukkan cetakan kukus yang sudah berisi adonan ke dalam panci yang berisi air. Kukus bolu selama 40 menit dengan api sedang. Jika sudah matang, angkat cetakan kukus dari panci dan biarkan bolu kukus gula merah sampai dingin.

5. Siapkan Bolu Kukus Gula Merah

Setelah bolu kukus gula merah sudah dingin, Anda dapat menyajikannya. Bolu tersebut dapat disajikan dengan susu, teh, atau kopi. Selamat mencoba!

Advertisement

Iklan Sidebar